Berita Politik

IndiHome Digital Home Experience
Ramadhan

KATASTROPIK PURBA

Keistimewaan dari Trowulan, Bekasi, hingga Lamri Juga Sudah Dikantongi

 SENIN, 21 NOVEMBER 2011 , 06:26:00 WIB | LAPORAN: TEGUH SANTOSA

Keistimewaan dari Trowulan, Bekasi, hingga Lamri Juga Sudah Dikantongi

andi arief

RMOL. Selain tentang piramida di Garut, Jawa Barat, tim Katastropik yang dibentuk Kantor Staf Khusus Presiden juga akan memaparkan temuan istimewa di kawasan Trowulan, Jawa Timur dan Batu Jaya, Bekasi, Jawa Barat, serta beberapa lokasi menhir di Sumatera dan lain-lain.

“Ada temuan mencengangkan tentang uji karbon dating pada tiga lapis kebudayaan di kawasan Trowulan yang terlanjur kita sebut Majapahit pada zaman sejarah Masehi itu. Juga tentang temuan-temuan lapisan sejarah di Lamri Aceh dan sekitarnya,” terang Andi dalam perbincangan hari Minggu (20/11).

Terhadap temuan ini, sambung Andi, Tim Katastropik Purba juga akan terus berkoordinasi dengan bidang kepurbakalaan, antropologi, arkeologi, pakar budaya, ahli sejarah dan lainnya. Di samping akan terus berkoordinasi lintas ilmu kebumian, sehubungan dengan temuan-temuan sejarah bencana-bencana lokal dan global untuk penelitian di bidang mitigasi bencana.

Beberapa hasil penelitian Tim Katastropik Purba ini telah disampaikan kepada publik. Diantaranya, rekomendasi agar tiga gunung di Jawa Barat, yakni Gunung Kaledong, Gunung Putri, dan Gunung Haruman, dijadikan sebagai cagar budaya.

Rekomendasi itu atas dasar penelitian melalui metoda ilmu kebumian, meneliti sumber-sumber bencana alam dan melacak informasi dari masa lalu yang berkaitan dengan kejadian bencana alam katastropik.

Obyek penelitian lain yang berada pada jalur-jalur patahan gempabumi dan gunung api di sepanjang Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa timur, Sumatera, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Kalimantan sampai Papua, terus dikaji secara ilmiah.

“Hasil penelitian-penelitian lanjutan tentang ini akan disampaikan ke publik,” pungkas Andi. [guh]

Baper Meter
 Loading...
Suka
Suka
0%
Kocak
Kocak
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Tidak Peduli
Tidak Peduli
0%
Waspada
Waspada
0%
Takut
Takut
0%

Komentar Pembaca
Doktrin Takfiri Polisi Dianggap Kafir
Tak Ada Riba Di BPJS Kesehatan

Tak Ada Riba Di BPJS Kesehatan

, 27 MEI 2017 , 10:00:00

Usut Kasus BLBI, Century, E-KTP

Usut Kasus BLBI, Century, E-KTP

, 25 MEI 2017 , 01:03:00

Pawai Obor Sambut Ramadhan

Pawai Obor Sambut Ramadhan

, 26 MEI 2017 , 03:45:00

Target Renovasi GBK

Target Renovasi GBK

, 26 MEI 2017 , 03:24:00