Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

1,5 Tahun Tidak Punya Bupati, Warga Kobar Satroni Kantor Gamawan Fauzi

 SENIN, 10 OKTOBER 2011 , 15:53:00 WIB | LAPORAN: ADE MULYANA

1,5 Tahun Tidak Punya Bupati, Warga Kobar Satroni Kantor Gamawan Fauzi

istimewa

RMOL. Lantaran sudah 1 tahun 6 bulan tidak punya Bupati, masyarakat Kotawaringin Barat (Kobar), mendatangi kantor Kemendagri. Mereka mendesak Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi segera melantik Bupati dan Wakil Bupati terpilih, Ujang Iskandar dan Bambang Purwanto.
"Sebagai masyarakat Kobar, kita minta saudara menteri dalam negeri segera melantik Ujang Iskandar," teriak koordinator aksi, Komaruddin Mangunjaya di Depan Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat (Senin, 10/10).

Bagi Komaruddin dan puluhan warga lainnya yang mendatangi kantor Gamawan tadi siang, belum dilantiknya Ujang-Bambang terasa sangat aneh. Pasalnya, Mendagri telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) No 131.62-584/2011 tentang pemberhentian pejabat Bupati Kotawaringin Barat dan Pengesahan Bupati Kotawaringin Barat Propinsi Kalimantan Tengah dengan menetapkan Ujang-Bambang sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Barat.

Komaruddin menengarai, ada pihak-pihak tertentu yang sengaja membuat pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kobar tertunda hingga kini.

"Padahal SK sudah dikeluarkan. Saya selaku perwakilan masyarakat Kobar tidak ingin diatur oleh seseorang sehingga tertundanya pelantikan Bupati Kobar. Hilangkan dugaan kami bahwa menteri dalam negeri masuk angin, kami tidak ingin kedaulatan negeri ini diatur oleh satu orang sehingga pelantikan Bupati Kobar ditunda-tunda terus," tegasnya.

Menanggapi aksi puluhan warga Kobar, pihak Kemendagri menerima dan melakukan audiensi dengan mereka. [dem]

Komentar Pembaca
Sutiyoso Pamitan

Sutiyoso Pamitan

RABU, 24 AGUSTUS 2016 , 00:40:00

Nur Alam Saksikan Penggeledahan

Nur Alam Saksikan Penggeledahan

RABU, 24 AGUSTUS 2016 , 03:41:00

Gerakan Luruskan Kiblat

Gerakan Luruskan Kiblat

KAMIS, 25 AGUSTUS 2016 , 08:19:00