Berita Politik

Telkom Indonesia
Rita Widyasari

Gadis 16 Tahun Berlayar Keliling Dunia

 MINGGU, 22 JANUARI 2012 , 16:46:00 WIB | LAPORAN:

Gadis 16 Tahun Berlayar Keliling Dunia

laura dekker/ist

RMOL. Laura Dekker, seorang gadis Belanda usia 16, sepertinya hari ini menjadi orang termuda yang berhasil berlayar mengelilingi dunia. Kemarin, ia menginjakkan kaki di dermaga St Maarten, Kepulauan Karibia. Ini adalah akhir dari perjalanan dengan perahu layarnya yang diberi nama "Guppy" selama setahun.

Puluhan orang bersorak dan melompat-lompat saat Dekker melambaikan tangan dari atas kapal. Ia menangis kemudian berjalan melintasi dermaga ditemani oleh ayah, ibu, adik dan kakek-neneknya yang terlebih dahulu menyambutnya di laut. Dekker tiba di St Maarten setelah berjuang selama 41 hari melawan ombak laut yang tinggi dan angin kencang dalam putaran akhir perjalanannya, dari Cape Town, Afrika Selatan.

"Ada saat-saat di mana aku merasa; 'Apa yang saya lakukan di sini?', Tapi aku tidak pernah ingin berhenti. Ini mimpiku, dan aku ingin melakukannya," katanya kepada Associated Press (Sabtu, 21/1)

Dekker mengaku lahir dari orang tua yang tinggal di perahu di dekat pantai Selandia Baru. Ia pertama kali berlayar sendiri pada usia 6 tahun. Waktu umur 10 tahun, Dekker mulai bermimpi mengelilingi dunia. Ia merayakan ulang tahunnya yang ke-16 dalam ekspedisi ini.

Dekker mengklaim bahwa ia adalah pelaut termuda yang menyelesaikan pelayaran mengelilingi dunia. Akan tetapi, Guinness World Records dan World Sailing Speed Record Council tidak memverifikasi klaim tersebut. Kedua lembaga pencatat rekor itu tidak lagi mengeluarkan catatan bagi pelaut termuda, sebab berbahaya.

Otoritas Belanda pun pernah mencoba menghalangi perjalanan Dekker. Mereka berpendapat, ia  masih terlalu muda untuk mempertaruhkan hidupnya, dan para gurunya pun menginginkan Dekker kembali ke ruang kelas untuk belajar. [ysa]
Baper Meter
 Loading...
Suka
Suka
0%
Kocak
Kocak
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Tidak Peduli
Tidak Peduli
0%
Waspada
Waspada
0%
Takut
Takut
0%

Komentar Pembaca
Semua OTT KPK Ilegal

Semua OTT KPK Ilegal

, 23 AGUSTUS 2017 , 23:00:00

Zulhas Jadi Prioritas Capres PAN

Zulhas Jadi Prioritas Capres PAN

, 22 AGUSTUS 2017 , 19:00:00

Reka Adegan Korban Penyiksaan Novel

Reka Adegan Korban Penyiksaan Novel

, 21 AGUSTUS 2017 , 18:21:00

Dikerubungi Wartawan

Dikerubungi Wartawan

, 21 AGUSTUS 2017 , 20:12:00

Rakernas III PAN

Rakernas III PAN

, 21 AGUSTUS 2017 , 18:15:00