Rakyat Merdeka Online

Home   

Share |

Merah Putih Berkibar di Dua Puncak Elbrus
Minggu, 21 Agustus 2011 , 20:54:00 WIB
Laporan: Dar Edi Yoga

DI PUNCAK ELBRUS/RMOL
  

RMOL. Kegigihan dan daya juang pantang menyerah dengan mengibarkan Merah Putih di Gunung tertinggi Eropa, Elbrus pada tanggal 17 Agustus 2011, ternyata tidak hanya dilakukan Tim Ekspedisi Merdeka-RMOL dan mahasiswa pecinta alam Universitas Negeri Semarang.

Diam-diam, pada saat yang bersamaan dan di puncak Elbrus yang berbeda, dua pendaki gunung dari mahasiswa pecinta alam KMPA (Keluarga Mahasiswa Pecinta Alam) Eka Citra Universitas Negeri Jakarta, Putra Dwinanda dan Mohamad Syanusi juga mengibarkan bendera Merah Putih.

Para pendaki dari Universitas Negeri Jakarta memulai pendakian ke puncak Elbrus melalui sisi utara, pada tanggal 13/8 dari camp Emanuel (2.580 mdpl) menuju camp I (3600 mdpl). Kemudian kembali ke camp Emanuel untuk aklimatisasi. Lalu pada tanggal 14 Agustus dari camp Emanuel menuju camp I (3600 mdpl) dengan membawa semua perbekalan yang diperlukan selama pendakian untuk bermalam di camp I.

Pada tanggal 15 Agustus dilakukan lagi proses aklimatisasi dari camp I (3600 mdpl) menuju Lens Rock (4635 mdpl) dan kembali lagi ke camp I. Dan keesokan harinya, karena terjadi badai di malam harinya, maka pendakian ke puncak Elbrus diputuskan pada tanggal 17 Agustus dini hari waktu setempat.

Kemudian pada tanggal 17/8 pukul 02.00 dini hari waktu setempat dari camp I (3600 mdpl) dilakukan summit attack dan tim KMPA Eka Citra UNJ berhasil mencapai puncak Elbrus sisi timur (5.622) pukul 12.45 siang waktu setempat di hari yang sama (17/8).

Gunung Elbrus yang selalu diselimuti salju dan sering dilanda badai salju, memiliki dua puncak yang berbeda, yakni puncak barat (5.642 mdpl) dan puncak timur (5.622 mdpl). Keduanya memiliki tingkat kesulitan yang sama untuk menuju ke puncak tersebut.

Dengan demikian maka pada hari dan tanggal yang sama, Rabu, (17/8) para pendaki Indonesia dari Rakyat Merdeka-RMOL, Unnes dan UNJ berhasil menancapkan dua bendera merah putih sekaligus di dua puncak gunung tertinggi Eropa, Elbrus, Rusia. [wid]


Baca juga:
Aboe Bakar Suruh Pejabat Belajar pada Sabar
Tart Merah Putih untuk Sabar Gorky Disimpan Dua Hari Dalam Kulkas
REKOR DUNIA
SABAR GORKY
Sabar Resmi Menyandang Nama Gorky


Komentar Pembaca
blitz.rmol.co
 

Cuma Ketemu Johnson 3 Kali Depe Sudah Klaim Menikah

Dilaporin ke polisi, Depe cuek bebek. Dia malah sibuk syuting video klip.C ...

 

Selena Gomez, Ragu Diajak Bieber Kumpul Kebo

Hubungan Justin Bieber dan Selena Gomez terkesan membingungkan para pe ...

 

Keluarga Ngarep Ariel Nikahi Sophie Di Jakarta

Mantan-mantan yang lain dianggap matre dan berkhianat. Kalau Sophie lebih ...

 

Iggy Azalea, Adu Bokong Sama J.Lo

Nama Iggy Azalea memang tengah naik daun. Setelah suskes dengan hit Fancy ...

 

Depe Dipolisikan Bos Lamborghini

Johnson yang sudah beranak-istri merasa tercoreng. Depe bakal dilaporkan d ...


Berita Populer

Jokowi Sangat Beralasan Tak Dilantik, JK yang Jadi Presiden
Soal Pilkada Langsung, Ray Rangkuti Ungkap Tipu Muslihat SBY
Resmi, Prabowo Subianto Jadi Ketua Umum Gerindra