Rakyat Merdeka Online

Home   

Share |

Merah Putih Berkibar di Dua Puncak Elbrus
Minggu, 21 Agustus 2011 , 20:54:00 WIB
Laporan: Dar Edi Yoga

DI PUNCAK ELBRUS/RMOL
  

RMOL. Kegigihan dan daya juang pantang menyerah dengan mengibarkan Merah Putih di Gunung tertinggi Eropa, Elbrus pada tanggal 17 Agustus 2011, ternyata tidak hanya dilakukan Tim Ekspedisi Merdeka-RMOL dan mahasiswa pecinta alam Universitas Negeri Semarang.

Diam-diam, pada saat yang bersamaan dan di puncak Elbrus yang berbeda, dua pendaki gunung dari mahasiswa pecinta alam KMPA (Keluarga Mahasiswa Pecinta Alam) Eka Citra Universitas Negeri Jakarta, Putra Dwinanda dan Mohamad Syanusi juga mengibarkan bendera Merah Putih.

Para pendaki dari Universitas Negeri Jakarta memulai pendakian ke puncak Elbrus melalui sisi utara, pada tanggal 13/8 dari camp Emanuel (2.580 mdpl) menuju camp I (3600 mdpl). Kemudian kembali ke camp Emanuel untuk aklimatisasi. Lalu pada tanggal 14 Agustus dari camp Emanuel menuju camp I (3600 mdpl) dengan membawa semua perbekalan yang diperlukan selama pendakian untuk bermalam di camp I.

Pada tanggal 15 Agustus dilakukan lagi proses aklimatisasi dari camp I (3600 mdpl) menuju Lens Rock (4635 mdpl) dan kembali lagi ke camp I. Dan keesokan harinya, karena terjadi badai di malam harinya, maka pendakian ke puncak Elbrus diputuskan pada tanggal 17 Agustus dini hari waktu setempat.

Kemudian pada tanggal 17/8 pukul 02.00 dini hari waktu setempat dari camp I (3600 mdpl) dilakukan summit attack dan tim KMPA Eka Citra UNJ berhasil mencapai puncak Elbrus sisi timur (5.622) pukul 12.45 siang waktu setempat di hari yang sama (17/8).

Gunung Elbrus yang selalu diselimuti salju dan sering dilanda badai salju, memiliki dua puncak yang berbeda, yakni puncak barat (5.642 mdpl) dan puncak timur (5.622 mdpl). Keduanya memiliki tingkat kesulitan yang sama untuk menuju ke puncak tersebut.

Dengan demikian maka pada hari dan tanggal yang sama, Rabu, (17/8) para pendaki Indonesia dari Rakyat Merdeka-RMOL, Unnes dan UNJ berhasil menancapkan dua bendera merah putih sekaligus di dua puncak gunung tertinggi Eropa, Elbrus, Rusia. [wid]


Baca juga:
Aboe Bakar Suruh Pejabat Belajar pada Sabar
Tart Merah Putih untuk Sabar Gorky Disimpan Dua Hari Dalam Kulkas
REKOR DUNIA
SABAR GORKY
Sabar Resmi Menyandang Nama Gorky


Komentar Pembaca
blitz.rmol.co
 

Kok Ludwig Baru Ngeh Tak Pernah Nikahi Jessica

Baru ngeh setelah mendenger berita infotainment. Akta perkawinan palsu jad ...

 

Tyas Mirasih, Tinggal Pelawak & Bule Yang Belum Dipacari

Tyas Mirasih kembali gagal membina asmara setelah putus dari pesepakbola S ...

 

Kim Kardashian, Bugil Demi Uang Dan Popularitas?

Kim Kardashian menghebohkan dunia hiburan dengan melakukan pemotretan bu ...

 

Lita, Kembali Ke Jalur Gulat

Setelah tujuh tahun meninggalkan ring Smack Down, kini kekasih bintang gul ...

 

Sandra Dewi, Dukung Ahok Karena Sekampung

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) resmi dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta. ...


Berita Populer

Jokowi Tunjuk Prasetyo karena Ingin Akhiri Dominasi Cikeas di Kejagung
Anis Baswedan Keberatan Ombudsman Kritik Program Kartu Sakti Jokowi
Belum Ada Bukti Jokowi Bisa Dikendalikan Kalla, Mega dan Paloh