Rakyat Merdeka Online

Home


MERAH PUTIH BERKIBAR DI DUA PUNCAK ELBRUS
MINGGU, 21 AGUSTUS 2011 , 20:54:00 WIB

LAPORAN: DAR EDI YOGA


DI PUNCAK ELBRUS/RMOL
  

RMOL. Kegigihan dan daya juang pantang menyerah dengan mengibarkan Merah Putih di Gunung tertinggi Eropa, Elbrus pada tanggal 17 Agustus 2011, ternyata tidak hanya dilakukan Tim Ekspedisi Merdeka-RMOL dan mahasiswa pecinta alam Universitas Negeri Semarang.

Diam-diam, pada saat yang bersamaan dan di puncak Elbrus yang berbeda, dua pendaki gunung dari mahasiswa pecinta alam KMPA (Keluarga Mahasiswa Pecinta Alam) Eka Citra Universitas Negeri Jakarta, Putra Dwinanda dan Mohamad Syanusi juga mengibarkan bendera Merah Putih.

Para pendaki dari Universitas Negeri Jakarta memulai pendakian ke puncak Elbrus melalui sisi utara, pada tanggal 13/8 dari camp Emanuel (2.580 mdpl) menuju camp I (3600 mdpl). Kemudian kembali ke camp Emanuel untuk aklimatisasi. Lalu pada tanggal 14 Agustus dari camp Emanuel menuju camp I (3600 mdpl) dengan membawa semua perbekalan yang diperlukan selama pendakian untuk bermalam di camp I.

Pada tanggal 15 Agustus dilakukan lagi proses aklimatisasi dari camp I (3600 mdpl) menuju Lens Rock (4635 mdpl) dan kembali lagi ke camp I. Dan keesokan harinya, karena terjadi badai di malam harinya, maka pendakian ke puncak Elbrus diputuskan pada tanggal 17 Agustus dini hari waktu setempat.

Kemudian pada tanggal 17/8 pukul 02.00 dini hari waktu setempat dari camp I (3600 mdpl) dilakukan summit attack dan tim KMPA Eka Citra UNJ berhasil mencapai puncak Elbrus sisi timur (5.622) pukul 12.45 siang waktu setempat di hari yang sama (17/8).

Gunung Elbrus yang selalu diselimuti salju dan sering dilanda badai salju, memiliki dua puncak yang berbeda, yakni puncak barat (5.642 mdpl) dan puncak timur (5.622 mdpl). Keduanya memiliki tingkat kesulitan yang sama untuk menuju ke puncak tersebut.

Dengan demikian maka pada hari dan tanggal yang sama, Rabu, (17/8) para pendaki Indonesia dari Rakyat Merdeka-RMOL, Unnes dan UNJ berhasil menancapkan dua bendera merah putih sekaligus di dua puncak gunung tertinggi Eropa, Elbrus, Rusia. [wid]


Baca juga:
ABOE BAKAR SURUH PEJABAT BELAJAR PADA SABAR
TART MERAH PUTIH UNTUK SABAR GORKY DISIMPAN DUA HARI DALAM KULKAS
REKOR DUNIA
SABAR GORKY
SABAR RESMI MENYANDANG NAMA GORKY


Komentar Pembaca
Cetak SDM Berdaya Saing Tinggi, Kementerian PUPR Tingkatkan Komposisi Karyawan Teknis
 

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dipercaya Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk mengge ...

Alex Noerdin Bertekad Kembalikan Kejayaan Bumi Sriwijaya
blitz.rmol.co
 

Daniella Semaan, Liburan Singkat Bareng Pacar

Daniella Semaan melakoni liburan singkat bersama kekasih­nya, Cesc Fabreg ...

 

Chloe Sevigny, Hollywood Sarang Pelecehan Seksual

Dunia Hollywood terlihat gemerlap dari kejauhan. Namun di dalamnya, indust ...

 

Akhirnya Berani Gugat Cerai Kiki

Daftar di PN Tangerang pada 18 Mei lalu. Ma­teri gugatan pokoknya seputar ...

 

Jesse Wellens dan Jeana Smith, Nangis Dayak Umumkan Putus

Sekadar informasi, Jesse Wellens dan Jeana Smith merupakan pasan­gan vlog ...

 

Nikahi Tian, Jun Mualaf

Putri Titian dan Junior Liem tengah berbahagia. Pasangan pesinetron itu ba ...

Berita Populer

Polisi Ini Salahkan Korban Yang Diperkosa Sampai Tewas
Ahok Salah Langkah
Orang Dekat Setnov: Ahok Itu Hatinya Golkar