Rakyat Merdeka Online

Home   

Share |

Wiranto: Kemiskinan Bukti Kegagalan SBY
Sabtu, 09 Juli 2011 , 15:15:00 WIB
Laporan:

WIRANTO/IST
  

RMOL. Fundamental perekonomian nasional yang selama ini digembar-gemborkan pemerintah cukup baik, sesungguhnya memiliki persoalan yang sangat serius. Besaran indikator makro ekonomi berupa pertumbuhan, inflasi, angka IHSG, dan nilai tukar ternyata tidak berkorelasi positif dengan angka kemiskinan yang tinggi, penyerapan tenaga kerja yang minim, serta disparitas yang tajam antar-wilayah.

Menurut Ketua Umum Partai Hanura, Wiranto, kesejahteraan rakyat Indonesia masih jauh dari kondisi yang diharapkan. Wiranto juga menyesalkan sikap pemerintah yang menetapkan angka ambang batas kemiskinan di bawah standar. Padahal angka batas kemiskinan tersebut bila diparktekan dalam kehidupan nyata, sungguh-sungguh tidak manusiawi.

"Kemiskinan yang terjadi di Indonesia merupakan bentuk kegagalan pemerintah dalam membangun perekonomian nasional," kata Wiranto dalam sambutan acara pelantikan Bapilu DPP Hanura, di Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat (Sabtu, 9/7).

Kata Wiranto, indikator makro ekonomi yang selalu dipergunakan untuk menjelaskan kondisi perekonomian Indonesia tidak dapat menyentuh akar persoalan kemiskinan yang terbentang luas dari Aceh hingga Papua. Kemajuan ekonomi yang terlihat di kota-kota besar sangat kontras dengan kemiskinan yang terus terjadi di wilayah pedesaan.

"Dan dalam hal penyelenggaraan negara yang baik dan bersih, good and clean government, pemerintah malah semakin jauh dari harapan," tegas Wiranto.

Wiranto membeberkan berbagi kasus korupsi yang telah terbukti merugikan uang negara. Di antaranya skandal Bank Century, kasus mafia pajak, rekening gendut petinggi Polri, hingga kasus suap mantan Bendahara Umum Demokrat Muhammad Nazaruddin.

"Itu semua, tidak menunjukkan arah penyelesaian yang tegas dan jelas oleh Presiden selaku pemegang kekuasaan tertinggi yang memegang amanah dari seluruh rakyat Indonesia untuk memberantas korupsi dan menegakkan supremasi hukum," demikian Wiranto. [yan]


Baca juga:
Amien Rais: Pemerintah Seperti Kethek
Alhamdulillah, SBY Akhirnya Lengser!
Lagi, SBY Sindir Gubernur Fauzi Bowo
Hamdi Muluk: Negara Dibajak Elit Politik
Desakan Mundur SBY-Boediono Inkonstitusional


Komentar Pembaca
blitz.rmol.co
 

Emma Stone, Tidak Mau Terpantau Social Media

Jika kebanyakan selebriti Hollywood menggunakan sosial media agar lebih de ...

 

Nikita Mirzani, Dimaafkan, Pake Jeans Robek di Pengadilan

Nikita Mirzani memenuhi panggilan Komisi Yudisial (KY) terkait pakaiannya ...

 

Kalina Oktarani, Sayang Tapi Ogah Rujuk

Sejak bercerai pada awal 2013, Deddy Corbuzier dan Kalina Oktarani tetap m ...

 

Tak Bisa Tidur, Gara-gara Anak Mau Dibawa Ke Amerika

Anne dan Hanusz bikin perjanjian di KPAI. Seribut apapun tetap mempriorita ...

 

Miranda Kerr, Sukses Move On Dari Perceraian

Perpisahan tentunya membuat pasangan sedikit tertekan. Begitu pun yang ...


Berita Populer

Sarjana Katolik: Bulan Madu Jokowi dengan Rakyat Segera Berakhir
Mantan Kepala Bais Tantang Jokowi Berani Reshuffle
Sebaiknya Basuki Nyerah Saja Jadi Menteri PU