Rakyat Merdeka Online

Home   

Share |

Todung Mulya Lubis: Sri Mulyani Terus Digadang-gadang Kami Tidak Merasa Tersanjung­­
Minggu, 12 Juni 2011 , 03:33:00 WIB

TODUNG MULYA LUBIS
  

RMOL.Ketua Perhimpunan Pendidikan Demokrasi (P2D), Todung Mulya Lubis menilai, saat ini bukanlah waktu yang tepat untuk membicarakan Capres 2014.

Meski nama Sri Mulyani Indra­wati semakin sering digadang-gadang, pendiri website Srimul­yani.net ini tidak merasa ter­sanjung.

“(Tahun) 2014 Masih jauh. Kami belum pasang kuda-kuda. Yang pasang kuda-kuda kan Partai Politik,” ujar Todung ke­pada Rakyat Merdeka, kemarin.

Sebelumnya, Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat  Ahmad Mubarok mulai mem­bocorkan kepada media siapa-siapa calon presiden yang dilirik Demokrat pada Pemilu 2014. “Capres yang akan diusung Demo­krat nanti tidak harus bera­sal dari internal partai. Bisa dari luar dan dalam, tergantung siapa yang relevan dan bisa mengatasi problem. Itu yang akan didukung Demokrat,” ujar Mubarok.

Menurutnya, saat ini sedikitnya ada dua tokoh yang mulai dilirik, yakni bekas Menteri Keuangan Sri Mul­yani Indrawati dan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD. “Sri Mulyani ter­masuk aset. Dia itu sekarang sedang ditaruh di perta­paan, pulangnya ke Indo­nesia bisa jadi satriyo piningit,” tuturnya.

Todung selan­jutnya  mengata­kan, pembentukan  website Sri­mulyani.net akhir September 2010  bertujuan untuk berjualan etika publik kepada masyarakat, khususnya para pejabat supaya betul-betul bekerja untuk ke­pen­tingan rakyat.

“Saya kira, Sri Mulyani adalah salah satu orang yang menunjuk­kan pada kita semua kalau etika publik itu penting. Hanya itu yang kita lakukan,” tegasnyA.

Berikut kutipan selengkapnya:

Nama Sri Mulyani semakin sering digadang-gadang seba­gai Capres, apakah tim Anda akan semakin serius untuk menggol­kannya?

Kami serius memajukan orang-orang terbaik dan memiliki ko­mitmen untuk bangsa. Sri Mul­yani memiliki komitmen besar terhadap kemajuan bangsa, tidak ada yang meragukan itu. Namun, selain Sri Mulyani kan ada juga orang-orang yang memiliki komitmen seperti itu. Makanya belum waktunya bicara tentang 2014. Saat ini, kita bicara saja tentang 2011.

Selain memiliki ko­mit­men, menurut Anda apa kelebihan lain Sri Mulyani?

Buat saya dia leader yang sangat cerdas, me­miliki kapasitas dan me­miliki empati. Tiga poin itu, merupakan modal besar seo­rang pemimpin.

Dengan modal itu, apa  mam­pu mengha­dapi persoalan bangsa di masa mendatang?

Modal itukan baru sebagian. Adanya kesempatan politik dan dukungan politik rakyat lah yang akan menjadi modal terbesarnya.

Menurut Anda, pemben­tu­kan website Srimulyani.net hanya bertujuan untuk men­jual etika publik, apa etika publik memang begitu menonjol dalam diri Sri Mulyani?

Kalau pengalaman dan penga­matan saya, ya dia adalah orang yang kita sebut zero modal, yakni orang yang betul-betul menguta­makan kepentingan publik di atas kepentingan pribadi, atau kelom­pok. Bagi saya ini adalah satu model, atau satu sikap yang perlu didukung.

Mengenai sinyalemen bahwa situs ini sebagai persiapan nya­pres 2014?

Yang bilang Sri Mulyani nya­pres 2014 itu kan pengamat politik. Silahkan saja, itu sah-sah saja. Tapi, bagi kami website itu hanya jualan etika publik.

Sejumlah kalangan mema­sang­kan Sri Mulyani dengan Mahfud MD, tanggapan Anda?

No comment. Kami tidak ingin menanggapi hal itu. [RM]


Baca juga:
Adhyaksa Dault: Saatnya SBY Negosiasi Ulang Kebijakan Perusahaan Asing
Sutan Bhatoegana: Kami Sudah Mengingatkan Pulang Sebelum Dipanggil
Brigjen Hartind Asrin: Intelijen Perlu Hak Penangkapan Tapi Kena Sanksi Bila Teledor
Syarifuddin Sudding: Banyak Putusan MA Tidak Bisa Dieksekusi­­
Ito Sumardi: Arahan Kapolri, Anggota Pakai Rompi Anti Pelu


Komentar Pembaca
blitz.rmol.co
 

Tessy "Srimulat", Setelah Diciduk Polisi Minum Pembersih Toilet

Pelawak Srimulat Kabul Basuki alias Tessy ditangkap di Bekasi Utara, Kamis ...

 

Jessica Mila, Sinyal Oke Buat Kaesang

Belum bicara cinta karena Mila baru lihat foto, belum ketemu langsung. Ia ...

 

Keira Knightley, Lagi Pesta Prom Cium Teman Cewek

Setiap orang memiliki kisah unik dalam hidup. Termasuk Keira Knightley yan ...

 

Shandy Aulia, Ciumannya Dipuji Lawan Main

Shandy Aulia kini bukan sosok remaja yang dikenal lewat film Eiffel I'm ...

 

Anne Hathaway, Tolak Jabat Tangan Wartawan Dibilang Takut Kena Ebola

Anne Hathaway, Tolak Jabat Tangan Wartawan Dibilang Takut Kena Ebola Repor ...


Berita Populer

Sekarang JK Benar-benar Bisa Jadi Presiden
Andi Arief Ajak KIH Belajar dari Sejarah
Koran Jurnas Akan Ditutup, Karyawan Minta SBY Turun Tangan