Berita Politik

IndiHome Digital Home Experience
Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Serikat Pekerja Pertamina Tolak Calon Dirut Titipan

Ekbis  RABU, 22 DESEMBER 2010 , 00:14:00 WIB |

Serikat Pekerja Pertamina Tolak Calon Dirut Titipan
RMOL.Bursa calon pengganti Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Darwin Zahedy Saleh makin panas. Berbagai calon dan latar balakang mulai bermun­cu­lan. Antara lain, Dirut Perta­mina Karen Agustiawan, Sekre­taris Jenderal (Sekjen) Kemente­rian ESDM Waryono Karno, Dirut PLN Dahlan Iskan, Dirjen Ener­gi Terbarukan dan Konversi Ener­gi Luluk Sumiarso dan pakar hu­kum pertambangan Ryad Khai­ril. Munculnya desakan pergan­tian Darwin Saleh tersebut ka­barnya dipicu kekecewaan in­vestor atas ketidakjelasan kebi­jakan energi nasional.

Anggota Komisi VII DPR Su­tan Sukarnotomo mengakui, di­perlu­kan sosok yang cepat me­ngambil tindakan untuk peru­bahan kebija­kan di Kementerian ESDM. Dia menyebut sosok pe­ngusaha per­tambangan bisa men­jadi orang yang tepat karena me­miliki insting yang cepat. Insting yang cepat sangat diper­lukan ka­rena sa­ngat berpengaruh terhadap kinerja.

“Kami tidak bisa mem­berikan rekomendasi. Yang pa­ling pen­ting, sosok Menteri ESDM harus bersih karena ada banyak per­mainan di bidang energi. Subsidi ada yang main, distribusi juga ada yang main,” ujar politisi Partai Demokrat ini.

Informasi yang diterima Rak­yat Merdeka menyebutkan, per­gan­tian Menteri ESDM tersebut nanti akan dipaketkan dengan mutasi di jajaran direksi Perta­mina. Nama Frederick Siahaan yang kini menjabat Direktur Pe­rencanaan Investasi dan Manaje­men Risiko Pertamina disebut-sebut sebagai kandidat kuat menggantikan Karen Agustia­wan, jika Karen di-plot menggan­tikan Darwin.

Namun menurut sumber Rak­yat Merdeka di Pertamina dan Kementerian ESDM, munculnya nama Frederick Siahaan hanyalah kamuflase untuk menyimpan ca­lon lain menjabat Dirut Pertamina Triharyo Indrawan Soesilo. Tri­haryo kini menjabat Komisaris Pertamina. Triharyo yang akrab di­panggil Hengky itu adalah putra almarhum Jenderal (Purn) Soesilo Sudar­man, bekas Men­teri Pariwisata Pos dan Teleko­muni­kasi/Menko Polkam.

Selain menjadi Komisaris di Pertamina, Triharyo kini menjadi Direktur PT Rekayasa Industri (Rekin), salah satu perusahaan yang mendapat kepercayaan dari  Pertamina untuk menangani se­jumlah proyek di Pertamina se­perti pembangunan kilang BBM.

Ketika dikonfirmasi, Presiden Faderasi Serikat Pekerja Perta­mina Bersatu (FSPPB) Ugan Gan­djar mengaku sempat men­de­ngar nama Frederick Siahaan dan Tri­haryo sebagai kandidat Dirut Pertamina untuk menganti­kan Karen Agustiawan.

Namun me­nurut Ugan, FSPPB menolak pen­calonan kedua nama tersebut men­jadi Dirut Pertamina. Alasannya, saat ini cukup banyak orang da­lam Pertamina yang pro­fesio­nal dan mampu jadi  Dirut Pertamina.  

“Siapa yang bi­lang Frederick dan Triharyo orang dalam, me­reka  itu orang luar. Bahwa kini ­jadi Di­rektur dan Komi­saris di Perta­mina, memang benar,” tegas Ugan.

Vice President Corporate Co­mmunication Pertamina Mocha­mad Harun ti­dak bersedia mem­berikan ko­men­tar ketika dita­nyakan ten­tang penggantian Di­rut Perta­mina. Menurutnya, peng­­gantian dirut maupun direktur  me­ru­pakan we­wenang peme­rin­tah selaku peme­gang saham. [RM]


Komentar Pembaca
Solidaritas Rizal Ramli untuk Rachmawati

Solidaritas Rizal Ramli untuk Rachmawati

SABTU, 10 DESEMBER 2016 , 01:18:00

Taufiq Effendi Diperiksa

Taufiq Effendi Diperiksa

JUM'AT, 09 DESEMBER 2016 , 02:35:00

Diskusi Proses Hukum Ahok

Diskusi Proses Hukum Ahok

MINGGU, 11 DESEMBER 2016 , 02:15:00