Rakyat Merdeka Online

Home   

Share |
Serikat Pekerja Pertamina Tolak Calon Dirut Titipan
Rabu, 22 Desember 2010 , 00:14:00 WIB

  

RMOL.Bursa calon pengganti Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Darwin Zahedy Saleh makin panas. Berbagai calon dan latar balakang mulai bermun­cu­lan. Antara lain, Dirut Perta­mina Karen Agustiawan, Sekre­taris Jenderal (Sekjen) Kemente­rian ESDM Waryono Karno, Dirut PLN Dahlan Iskan, Dirjen Ener­gi Terbarukan dan Konversi Ener­gi Luluk Sumiarso dan pakar hu­kum pertambangan Ryad Khai­ril. Munculnya desakan pergan­tian Darwin Saleh tersebut ka­barnya dipicu kekecewaan in­vestor atas ketidakjelasan kebi­jakan energi nasional.

Anggota Komisi VII DPR Su­tan Sukarnotomo mengakui, di­perlu­kan sosok yang cepat me­ngambil tindakan untuk peru­bahan kebija­kan di Kementerian ESDM. Dia menyebut sosok pe­ngusaha per­tambangan bisa men­jadi orang yang tepat karena me­miliki insting yang cepat. Insting yang cepat sangat diper­lukan ka­rena sa­ngat berpengaruh terhadap kinerja.

“Kami tidak bisa mem­berikan rekomendasi. Yang pa­ling pen­ting, sosok Menteri ESDM harus bersih karena ada banyak per­mainan di bidang energi. Subsidi ada yang main, distribusi juga ada yang main,” ujar politisi Partai Demokrat ini.

Informasi yang diterima Rak­yat Merdeka menyebutkan, per­gan­tian Menteri ESDM tersebut nanti akan dipaketkan dengan mutasi di jajaran direksi Perta­mina. Nama Frederick Siahaan yang kini menjabat Direktur Pe­rencanaan Investasi dan Manaje­men Risiko Pertamina disebut-sebut sebagai kandidat kuat menggantikan Karen Agustia­wan, jika Karen di-plot menggan­tikan Darwin.

Namun menurut sumber Rak­yat Merdeka di Pertamina dan Kementerian ESDM, munculnya nama Frederick Siahaan hanyalah kamuflase untuk menyimpan ca­lon lain menjabat Dirut Pertamina Triharyo Indrawan Soesilo. Tri­haryo kini menjabat Komisaris Pertamina. Triharyo yang akrab di­panggil Hengky itu adalah putra almarhum Jenderal (Purn) Soesilo Sudar­man, bekas Men­teri Pariwisata Pos dan Teleko­muni­kasi/Menko Polkam.

Selain menjadi Komisaris di Pertamina, Triharyo kini menjadi Direktur PT Rekayasa Industri (Rekin), salah satu perusahaan yang mendapat kepercayaan dari  Pertamina untuk menangani se­jumlah proyek di Pertamina se­perti pembangunan kilang BBM.

Ketika dikonfirmasi, Presiden Faderasi Serikat Pekerja Perta­mina Bersatu (FSPPB) Ugan Gan­djar mengaku sempat men­de­ngar nama Frederick Siahaan dan Tri­haryo sebagai kandidat Dirut Pertamina untuk menganti­kan Karen Agustiawan.

Namun me­nurut Ugan, FSPPB menolak pen­calonan kedua nama tersebut men­jadi Dirut Pertamina. Alasannya, saat ini cukup banyak orang da­lam Pertamina yang pro­fesio­nal dan mampu jadi  Dirut Pertamina.  

“Siapa yang bi­lang Frederick dan Triharyo orang dalam, me­reka  itu orang luar. Bahwa kini ­jadi Di­rektur dan Komi­saris di Perta­mina, memang benar,” tegas Ugan.

Vice President Corporate Co­mmunication Pertamina Mocha­mad Harun ti­dak bersedia mem­berikan ko­men­tar ketika dita­nyakan ten­tang penggantian Di­rut Perta­mina. Menurutnya, peng­­gantian dirut maupun direktur  me­ru­pakan we­wenang peme­rin­tah selaku peme­gang saham. [RM]


Baca juga:
Chandra Asri Siapkan 100 Juta Dolar AS
Sulap Proyek Jonggol Asri, Bakrieland Siapkan 2 Triliun
Tommy Soeharto Kepincut Bisnis Setrum
Anggarkan 10 Triliun, ENOC Incar Ladang Minyak Medco
Telkom Mulai Buka Peluang Batalkan Merger Flexi & Esia


Komentar Pembaca
blitz.rmol.co
 

Lea Michele, Kencan Vulgar Sama Pacar Baru

Lea Michele tak ragu lagi untuk bermesraan dengan kekasih barunya, Matthew ...

 

Behati Prinsloo, Penakluk Adam Levine

Karier playboy Adam Levine terpaksa berhenti. Vokalis Maroon 5 ini telah ...

 

Anne J. Cotto, Hamil Duluan Jumat Ini Nikah

Calon suami kerja di prusahaan kontraktor pertambangan. Lebih muda tujuh t ...

 

Nabille Benattia, Resmi Jadi WAGs Inter

Model sexy berdarah Prancis-Itali ini resmi jadi WAGs baru Inter Milan set ...

 

Rachel Maryam, Yakin Hari Ini Nggak Rusuh

Hari ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengumumkan hasil akhir penghi ...


Berita Populer

Beredar Pesan Berantai Ketua KPU Terima Suap Rp 25 Miliar
Ketua KPU "Main Mata" dengan Timses Jokowi?
PDIP: Langkah SBY Copot Jenderal Budiman Patut Diapresiasi Bila...