Berita Politik

IndiHome Digital Home Experience

Obama Kirim Senjata Bantu Oposisi Suriah

Dunia  SABTU, 15 JUNI 2013 , 08:13:00 WIB |

Obama Kirim Senjata Bantu Oposisi Suriah

barack obama

RMOL. Amerika Serikat (AS) akan memberikan bantuan militer kepada oposisi Suriah. Keputusan ini diumumkan Gedung Putih setelah penyelidikan AS menunjukkan bahwa rezim Presiden Bashar al-Assad menggunakan senjata kimia melawan pasukan pemberontak.
Obama menganggap, rezim Assad sudah berlebihan dengan menggunakan gas sarin kepada pasukan pemberontak selama setahun belakangan. Diketahui juga bahwa gas sarin juga dipakai pasukan pemerinah untuk menundukkan warga sipil.

Dijelaskan Gedung Putih, Kamis (13/6), sekitar 100-150 orang tewas akibat senjata kimia. Namun Paman Sam yakin bahwa jumlah sebenarnya bisa jauh lebih besar. Hasil temuan ini sudah disebarkan Gedung Putih ke Kongres serta kepada sekutu-sekutu AS, Inggris dan Rusia.

Dikhawatirkan, rezim Assad kini semakin beringas karena dibantu kekuatan kelompok Hizbullah yang dibeking Iran. Ribuan pasukan Hizbullah dikabarkan mulai mengarah ke timur, menuju kota Allepo dan Homs petelah berhasil menguasai Qusair pekan lalu.

Wakil Penasihat Keamanan Nasional Ben Rhodes tidak menyebutkan bantuan militer seperti apa yang akan diberikan. Namun sumber di Gedung Putih menegaskan bahwa salah satu paket bantuannya adalah persenjataan. Pihak pejuang Suriah yang diwakili Nasional Koalisi Suriah berharap bahwa AS akan memberikan mereka senjata anti-tank dan anti-jet tempur. “Kami berharap melihat hasil positif dan bantuan militer yang sebenarnya,” kata George Sabra, pemimpin sementara koalisi. [Harian Rakyat Merdeka]

Komentar Pembaca
FPI Bersama Kotak-kotak

FPI Bersama Kotak-kotak

SELASA, 17 JANUARI 2017 , 18:30:00

Tidak Takut FPI

Tidak Takut FPI

SELASA, 17 JANUARI 2017 , 09:57:00

Mentan Terus Penuhi Ketahanan Pangan

Mentan Terus Penuhi Ketahanan Pangan

RABU, 18 JANUARI 2017 , 01:04:00