Berita Politik

IndiHome Digital Home Experience
Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Joget ‘Harlem Shake’ Turut Goyang Pemerintahan Mursy

Oposisi Demo Ikhwanul Muslimin

Dunia  SABTU, 02 MARET 2013 , 09:38:00 WIB |

Joget ‘Harlem Shake’ Turut Goyang Pemerintahan Mursy

ilustrasi, Harlem Shake

RMOL. Sekelompok demonstran kemarin menggelar aksi demo di depan markas pusat Ikhwanul Muslimin di Kairo. Sekitar 70 demonstran dari kelompok oposisi Mesir berjoget ria ‘Harlem Shake’ sembari meneriakkan seruan anti-Ikhwanul Muslimin.
Mereka memprotes Ikhwanul Muslimin karena dinilai terlalu mendominasi perpolitikan di Negeri Piramida itu.

“Gulingkan pemerintahan bersama dengan pemimpin tertinggi mereka,” teriak demonstran yang ditujukan kepada pemimpin spiritual tertinggi Ikhwanul Muslimin, Muhammad Badie, seusai berjoget ‘Harlem Shake’.

Tarian yang dipopulerkan sekelompok mahasiswa di Australia awal Februari lalu itu, turut mengundang perhatian warga Kairo karena turut meramaikan aksi demo. “Pesannya sudah jelas,” kata salah seorang demonstran, Farid Sayyed.

Para demonstran menentang kebijakan Ikhwanul. “Dewan pemerintahan telah mendikte kebijakan pemerintah Mesir. Revolusi akan terus berlanjut,” teriak mereka.
Beberapa mobil polisi anti huru-hara disebar di sekitar markas Ikhwanul Muslimin.

Tindakan ini dilakukan polisi Mesir untuk mencegah terulangnya insiden berdarah pada Desember lalu.

Beberapa demonstran bahkan memakai pakaian tradisional Islam. Sisanya memakai topeng tokoh kartun ‘Mickey Mouse’.

Harlem Shake yang baru pertama kali digelar di depan kantor Ikhwanul Muslimin menyita perhatian sebagian warga Kairo. Sebelumnya, para demonstran beberapa pekan lalu pernah merekam dan mengunggah video mereka sedang berjoget ‘Harlem Shake’ di depan Piramdia Giza.

Salah satu dari antara mereka bahkan hanya mengenakan celana dalam putih dan dasi sembari mengendarai unta. Karena itu, aparat keamanan sempat menahan empat demonstran. Mereka ditangkap karena dianggap mengganggu ketertiban umum.

Sementara itu, kelompok Salafi di Tunisia mengecam kaum muda yang terjangkit wabah ‘Harlem Shake’. Mereka bentrok dengan sekelompok pelajar yang sedang merekam aksi berjoget ria di salah satu universitas.

Mahasiswa Tunis kemarin juga melakukan aksi serupa untuk menyindir kinerja Kementerian Pendidikan Tunisia yang dianggap tidak becus mengurusi sistem pendidikan di negara itu.

Sebelumnya, joget ria Harlem Shake juga sempat membuat Badan Penerbangan Sipil (FAA) Amerika Serikat repot. Pasalnya, sekelompok pelajar berjoget ria di dalam sebuah pesawat milik penerbangan Frontier Airlines, yang terbang melayani rute Colorado Springs - San Diego, pekan lalu.

Jubir FAA, Allen Kenitzer mengatakan, mereka akan menyelidiki kasus itu. Maskapai penerbangan Frontier Airlines menyatakan, saat tarian massal itu digelar, tanda kenakan sabuk pengaman sudah dimatikan dan kru pesawat sudah memastikan langkah-langkah penyelamatan. [Harian Rakyat Merdeka]

Komentar Pembaca
Solidaritas Rizal Ramli untuk Rachmawati

Solidaritas Rizal Ramli untuk Rachmawati

SABTU, 10 DESEMBER 2016 , 01:18:00

Taufiq Effendi Diperiksa

Taufiq Effendi Diperiksa

JUM'AT, 09 DESEMBER 2016 , 02:35:00

Diskusi Proses Hukum Ahok

Diskusi Proses Hukum Ahok

MINGGU, 11 DESEMBER 2016 , 02:15:00